Rabu, 09 November 2011

Tentang IKPM

Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) adalah lembaga Pondok Modern Darussalam Gontor yang menangani alumni atau eks-santri yang tersebar di seluruh Indonesia dan di luar negeri. Lembaga ini didirikan pada tanggal 17 Desember 1949 di Yogyakarta, dan diresmikan kemudian pada tahun 1951 bersamaan dengan perayaan Kesyukuran Seperempat Abad Pondok Modern Darussalam Gontor. Lembaga ini berpusat di Pondok Modern Darussalam Gontor.

Organisasi ini telah memiliki cabang-cabang di berbagai daerah di Indonesia dan di luar negeri. Cabang dapat dibentuk di suatu daerah yang mempunyai anggota sekurang-kurangnya 9 orang. Hingga tahun 2007 ini jumlah IKPM cabang sebanyak 95 IKPM cabang, terdiri dari 85 IKPM Cabang di Indonesia dan 10 IKPM Cabang di luar negeri.

Berawal dari IKSD ( Ikatan Keluarga Santri Depok ) yang merupakan Cikal Bakal IKPM Depok didirikan oleh Ust. Syamsul Hadi pada Tahun 1990 an. IKSD Ini terdiri dari berbagai santri dan alumni yang belajar di Pondok Gontor, Mantingan, PP-Al mawaddah, Pondok Ar-risalah dan Pondok Walisongo.
IKSD saat itu mempunyai program:
  • Tarling (Tarawih Keliling ) dibulan Ramadhan 
  • Pengiriman Paket & Wesel
  • Perpulangan Bersama ke Pondok dibulan Syawwal
Seiring Terbentuknya Kota Depok menjadi Kotamadya ditahun 1999 terbersit keinginan untuk merubah IKSD Menjadi IKPM.

IKPM Depok dilantik Pertama kali pada bulan September tahun 2004 di Pondok Modern Daruttaqwa oleh  Ketua PP IKPM KH. Akrim Mariyat dan IKPM Depok Periode 2004-2008 diKetuai Oleh : H.Toto Suparto, H.Kamil Rayana dan H.Abudin Somad lalu IKPM Depok Periode 2008-2012 dilantik di BLK-LN PT Salman Putra Rayana pada bulan November 2008 Oleh KH.Syamsul Hadi Abdan dan Diketuai Oleh : H.Rifai, M.Ag, Rohmat Rospari, SE.MM dan Maulana, SE.I

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mengunjungi kami


Wassalam